Tugas 2
ILMU SOSIAL DASAR DALAM PENDIDIKAN
Siti Choirunnisa Arofaeni
27112046
UNIVERSITAS GUNADARMA
Kata Pengantar
Assalamualaikum wr. wb
Rasa syukur patut kami panjatkan kehadirat ALLAH S.W.T
yang telah mengijinkan dan memberi nikmat kemudahan kepada saya dalam menyusun
dan menulis makalah Ilmu Sosial Dasar. Hal yang paling mendasar yang mendorong
kami menyusun makalah ini adalah tugas dari mata kuliah softskill untuk
mencapai nilai yang memenuhi syarat perkuliahan.
Saya
menyadari bahwa baik isi maupun cara penyusunan makalah ini delum sempurna.
Oleh karen aitu, segala saran, kritik yang membangun sangat diharapkan.
Demikianlah mudah-mudahan makalah ini berguna dan dapat dimanfaatkan
sebaik-baiknya
Wassalamualaikum
wr.wb
Daftar isi
Bab
1 Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
Bab 2 Pembahasan
Ilmu Sosial Dasar
2.1 Pengertian ISD
2.2 Tujuan ISD
Pendidikan
2.3
Pengertian Pendidikan
2.4 Fungsi Pendidikan
2.5 Tujuan
Pendidikan umum di perguruan tinggi
2.6 Kemampuan
yang diharapkan dari lulusan perguruan tinggi
2.7 Tiga kelompok ilmu
pengetahuan
Bab 3 Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
3.3 Daftar Pustaka
Bab1
Pendahuluan
1.1 1.1.
Latar
Belakang
Pendidikan tinggi
diharapkan dapat menghasilkan
sarjana-sarjana yang
mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdiri atas.
mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdiri atas.
1. Kemampuan
Akademis
2. Kemampuan
Professional
3. Kemampuan
Personal
Latar belakang diberikannya mata kuliah ISD
di perguruan tinggi, karena :
Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.
Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.
1.2 Rumusan Masalah
·
Jelaskan Pengertian ISD!
·
Jelaskan tujuan ISD!
·
Jelaskan pengertian pendidikan dan
fungsinya!
·
Jelaskan tujuan Pendidikan umum di
perguruan tinggi?
·
Jelaskan 3 kemampuan yang diharapkan
dihasilkan dari lulusan
pendidikan tinggi!
pendidikan tinggi!
·
Jelaskan 3 kelompok ilmu pengetahuan
1.3 Tujuan
·
Menjelaskan pengertian ISD
·
Menjelaskan tujuan ISD
·
Menjelaskan pengertian pendidikan
terlebih dahulu dan fungsinya
·
Menjelaskan tujuan pendidikan umum di
perguruan tinggi
·
Menjelaskan 3 kemampuan yang diharapkan
dihasilkan dari lulusan
pendidikan tinggi
pendidikan tinggi
·
Menjelaskan 3 kelompok ilmu pengetahuan
Bab2
Pembahasan
Ilmu
Sosial Dasar
2.1
Pengertian
ISD
merupakan suatu ilmu pengetahuan, yang menurut Soerjono Soekanto adalah
kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan
kekuatan pemikiran (logika), sehingga pengetahuan mana akan selalu dapat
diperiksa dan diuji secara kritis oleh orang lain
2.2 Tujuan
ISD
bertujuan membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa
agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yg diharapkan
dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dgn sikap dan tingkah laku manusia
dlm menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia2 lain
terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
Pendidikan
2.3 Pengertian Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
2.4 Fungsi Pendidikan
Menurut
Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata
(manifes) berikut:
-
Mempersiapkan anggota masyarakat untuk
mencari nafkah.
-
Mengembangkan bakat perseorangan demi
kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
-
Melestarikan kebudayaan.
-
Menanamkan keterampilan yang perlu bagi
partisipasi dalam demokrasi.
Fungsi
laten lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.
-
Mengurangi pengendalian orang tua.
Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam
mendidik anak kepada sekolah.
-
Menyediakan sarana untuk pembangkangan.
Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat.
Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan
masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
-
Memperpanjang masa remaja. Pendidikan
sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung
secara ekonomi pada orang tuanya.
2.5 Tujuan Pendidikan umum di perguruan tinggi
1. Untuk
meningkatkan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, kecerdasan, keterampilan,
budi pekerti, kepribadian, dan sebagainya
2. Agar seorang
mahasiswa lulusan perguruan tinggi memiliki keseimbangan dalam berpikir dan
bertindak. Hal ini merupakan suatu rangkaian untuk mencapai 3 kemampuan yang
diharapkan dari lulusan perguruan tinggi, yaitu:
·
memiliki kemampuan profesionalisme
·
memiliki kemampuan akademis
·
memiliki kemampuan personal
3. Untuk
mewujudkan semua itu maka perlulah pula ilmu sosial dasar (ISD) sebagai salah
satu dari mata kuliah dasar umum (MKDU). Tujuan diberikannya ISD sebagai MKDU
tidak lain adalah untuk membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian
mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yg
diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dgn sikap dan tingkah laku
manusia dlm menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku
manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik
2.6 Kemampuan yang diharapkan dihasilkan dari lulusan pendidikan tinggi
1. Kemampuan
Akademis : adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan
maupun tulisan, menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis,
sitematis, dan analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah yang dihadapi, serta mampu menawarkan alternatif
pemecahannya
2.
Kemampuan Professional : adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang
bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki
pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
3. Kemampuan
Personal : adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli
diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan
sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia,
memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan,
serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi
oleh masyarakat Indonesia.
2.7 Pengelompokkan ilmu pengetahuan
·
Ilmu-ilmu
Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal
ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini
lalu dibuat prediksi.
·
Ilmu-ilmu sosial
( social scince ) . Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 % benar, hanya mendekati kebenaran.
Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah
dari saat ke saat.
·
Pengetahuan
budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat
unik, kemudian diberi arti.
Bab
3
Penutup
3.1 Kesimpulan
ISD
dalam di perguruan tinggi itu sangat penting karena untuk membantu perkembangan
wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih
luas dan ciri-ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya
berkenaan dgn sikap dan tingkah laku
3.2 Saran
Saya sebagai penyusun menyadari bahwa dalam penulisan
makalah ini termasuk jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saya sangat
mengharapkan saran dan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.
Semoga makalah ini dapat memberi manfaat kepada saya
dan pembaca pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar