Tugas 1
ILMU SOSIAL DASAR
Siti Choirunnisa Arofaeni
27112046
UNIVERSITAS GUNADARMA
Kata Pengantar
Bissmillahirahmanirahim
Assalamualaikum wr. wb
Rasa syukur patut kami panjatkan kehadirat ALLAH S.W.T
yang telah mengijinkan dan memberi nikmat kemudahan kepada saya dalam menyusun
dan menulis makalah Ilmu Sosial Dasar. Hal yang paling mendasar yang mendorong
kami menyusun makalah ini adalah tugas dari mata kuliah softskill untuk
mencapai nilai yang memenuhi syarat perkuliahan.
Saya
menyadari bahwa baik isi maupun cara penyusunan makalah ini delum sempurna.
Oleh karen aitu, segala saran, kritik yang membangun sangat diharapkan.
Demikianlah mudah-mudahan makalah ini berguna dan dapat dimanfaatkan
sebaik-baiknya
Wassalamualaikum
wr.wb
Daftar isi
Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
Bab 2
Pembahasan
2.1 Pengertian ISD
2.2 Tujuan ISD
2.3 Ruang lingkup ISD
Bab 3
Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
3.3 Daftar Pustaka
Bab 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Latar
belakang diberikannya mata kuliah ISD di perguruan tinggi, karena :
1. Banyaknya
kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa
sistem pendidikan yang diberikan masih
berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang
pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang
yang mengisi birokrasi mereka.
2. Sistem
pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin
keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadap
lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.
1.2 Rumusan Masalah
·
Apa definisi ilmu sosial menurut
beberapa para ahli?
·
Apa tujuan ilmu sosial dasar?
·
Bagaimana ruang lingkup ilmu sosial
dasar?
1.3 Tujuan
·
Mengetahui definisi ilmu sosial
·
Mengetahui tujuan dari ilmu sosial dasar
·
Mengetahui ruang lingkup ilmu sosial
dasar
Bab 2
Pembahasan
2.1 Pengertian ISD
Berikut ini adalah pengertian dan definisi ilmu-ilmu
sosial menurut beberapa ahli:
KEITH
JACOBS
sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam
sebuah situs komunitas
RUTH AYLETT
sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah
perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi
PHILIP WEXLER
sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia
ENDA M. C
sosial adalah cara tentang bagaimana para individu
saling berhubungan
ENGIN FAHRI. I
sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu
berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para
individu tersebut
Gross
Ilmu Sosial merupakan disiplin intelektual yang mempelajari
manusia sebagai makhluk sosial secara ilmiah, memusatkan pada manusia sebagai anggota
masyarakat dan pada kelompok atau masyarakat yang ia bentuk.
Nursid Sumaatmadja
Ilmu Sosial adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari
tingkah laku manusia baik secara perorangan maupun tingkah laku kelompok.
Ilmu
Sosial Dasar
adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya
masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi sosial,
sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, sejarah dll.
Ilmu sosial dasar
tidak merupakan gabungan dari ilmu social dasar yang dipadukan, karena ilmu
social dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia
tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti
ilmu-ilmu sosial diatas.
2.1 Tujuan Ilmu Sosial Dasar
ISD membantu
perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan
yg lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa,
khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi
manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap
manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
ISD juga merupakan
suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan
dasar tentang konsep-konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala
sosial
2.2 Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
ISD meliputi dua kelompok utama, studi manusia dan
masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial yg terutama terdiri atas
psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi
dan politik.
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas
tiga golongan yaitu
·
Kenyataan-kenyataan
sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu
sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut
pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
·
Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial. Sebagai
contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep
“Kesatuan sosial”. Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita
pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
·
Masalah-masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa
perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke
delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar
diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1.
Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.
Masalah
individu, keluarga dan masyarakat.
3.
Masalah pemuda
dan sosialisasi.
4.
Masalah hubungan
antara warga negara dan negara.
5.
Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6.
Masalah
masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7.
Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8.
Pemanfaatan
IPTEK bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Bab 3
Penutup
3.1
Kesimpulan
Ilmu Sosial Dasar adalah
pengetahuan yang menelaah masalah-masalah
sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat
Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori)
ISD membantu
perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh
wawasan yg lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap
mahasiswa
ISD meliputi dua kelompok utama, studi manusia dan
masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. yg terutama terdiri atas
psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi
dan politik.
3.2 Saran
Saya sebagai penyusun menyadari bahwa dalam penulisan
makalah ini termasuk jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saya sangat
mengharapkan saran dan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.
Semoga makalah ini dapat memberi manfaat kepada saya
dan pembaca pada umumnya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://abenknst.blogspot.com/2010/06/pengertian-dan-ruang-lingkup-ilmu.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar