Selasa, 21 Oktober 2014

Bagaimana memahami dan bangga terhadap bahasa Indonesia

Nama: Siti Choirunnisa Arofaeni
Npm : 27112046





Kapan bangsa Indonesia mau menjunjung bahasanya sendiri ya?



Seorang ibu: “Anak saya mengikuti kursus bahasa inggris, bahasa Jerman,dan  bahasa Perancis, untuk menunjang sekolahnya dan karir nya saat dia sudah besar nanti, karena jaman sekarang orang yang bisa berbahasa asing itu lebih sukses dalam dunia pendidikan dan pekerjaannya nanti.”
Sering sekali kita membaca atau mendengar kalimat seperti ini bukan?
Pasti hampir semua orang berpikiran yang sama seperti yang diutarakan seorang ibu tersebut. Alasannya? Pasti sama. Karena bahasa asing dianggap lebih berperan dalam menunjang pendidikan ataupun karir seseorang. Akan tetapi, jika ditelusuri lebih dalam, fakta menunjukkan bahwa pemikiran yang telah berkembang luas di bangsa kita adalah bahasa asing lebih penting untuk dipelajari daripada bahasa Indonesia. Alasannya? klasik, karena kita setiap hari kan berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia, untuk apa lagi dipelajari.
Akibat dari pemahaman di atas, banyak bangsa-bangsa kita yang menguasai bahasa asing dapat berbicara dengan tata bahasa yang baik dan benar. Akan tetapi kondisi bangsa kita dalam berbicara bahasa Indonesia itu sangat menyedihkan. Mereka berbicara tidak menggunakan tata bahasa Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), mereka lebih sering dan lebih pede mungkin menggunakan bahasa “gaul” yang terkadang makna dari kata-kata yang diucapkannya itu agak nyeleneh.
Memang tidak salah jika bangsa kita lebih menyukai, mengerti, dan dapat berbahasa asing dengan baik atau saat mereka berprestais baik dalam bahasa asing di sekolahnya. Tetapi hal yang salah adalah mereka menterbelakangi bahasa Indonesia, cuek dan tidak mau mempelajari bahasa Indonesia.

Berikut ini pengertian menurut beberapa ahli:

BILL ADAMS
Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif
Bahasa mencerminkan identitas suatu bangsa kepada dunia.

WITTGENSTEIN
Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis.

FERDINAND DE SAUSSURE
Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain.

BLOCH & TRAGER
Bahasa adalah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.

CARROL
Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia.

SUDARYONO
Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.

Seperti contoh bangsa Perancis, mereka saat ini sedang menggalakan upaya pengenalan bahasanya kepada turis yang datang ke negara mereka. Salah satu upaya ini menunjukkan sebuah rasa bangga terhadap bahasa nasional mereka. Kita patut mencontoh bangsa Perancis dalam usahanya mempertahankan bahasanya menjadi kebanggaan bangsanya sebagai bangsa Perancis. Kita patut mencontoh Perancis dalam usahanya mempertahankan bahasanya sebagai bahasa naisonal.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga rasa bangga generasi bangsa Indonesia terhadap bahsasanya sendiri. Seperti ketika menyambut turis yang berkunjung ke Indonesia, kita tidak perlu menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya tetapi gunakanlah bahasa Indonesia guna memperkenalkan dan mengajarkan bahasa Indonesia kepada mereka. Selain itu dapat juga dengan membuka kursus bahasa Indonesia, sudah banyak warga negara asing yang sudah mulai tertarik terhadap bahasa Indonesia. Saya yakin pasti mereka akan tertarik untuk mengikuti kursus bahasa Indonesia. Dan semoga bangsa Indonesia sendiri pun tertarik juga untuk mengikuti kursus bahasa Indonesia.
Kita juga pasti sangat berharap suatu hari nanti dapat mendengar kalimat seperti di bawah ini.
“Anak saya sekarang mengikuti kursus bahasa Indonesia lohhhh, supaya dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.”


Referensi:
file:///E:/Kapan%20ya%20Ada%20Kursus%20Bahasa%20Indonesia%20di%20Indonesia.htm#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar