Tugas 6
PENGARUH FACEBOOK TERHDAP PENDIDIKAN
Siti Choirunnisa Arofaeni
27112046
UNIVERSITAS GUNADARMA
Abstraksi
Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg bersama teman
sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo
Saverin, Dustin
Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook adalah sebuah layanan
jejaring sosial dan
situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan
dioperasikan oleh Facebook, Inc. Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook
sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah
pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.
Dampak
Positif dari facebook membuat seseorang menjadi penyendiri dan susah bergaul,
kurangnya sosialisasi dengan lingkungan, menghamburkan uang, berkurangnya
belajar siswa. Selain itu ada juga dampak negatif yang ditimbulkan akibat
facebook seperti Facebook
sebagai media komunikasi, pertukaran data, perolehan informasi, bisa digunakan
sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan,dan lain-lain
Pengaruh buruk tersebut dapat dicegah dengan
memberikan pemahaman kepada siswa tentang bahaya situs jejaring sosial, usahakan
untuk tidak memberikan telepon seluler yang dapat mengakses internet (situs
jejaring sosial), mengawasi siswa dalam berinternetatauberjejaringsosial.
Bab
1
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Di era globalisasi dan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, penyebaran informasi serta
akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah. Tidak
dapat dipungkiri hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung
mempunyai dampak bagi masyarakat, baik itu berdampak positif ataupun negatif.
Dampaknya pun tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja, namun telah
meluas ke semua kalangan baik kalangan terpelajar maupun yang lain.
Internet merupakan salah satu hasil dari
kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia.
Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking yang apabila diartikan
dalam bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam
beberapa rangkaian jaringan. Fungsi internet bermacam-macam, dan salah satunya
adalah sebagai tempat komunitas jejaring sosial dunia maya. Jejaring sosial
merupakan suatu layanan dari sebuah cakupan sistem software internet yang
memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna
yang lain dalam skala yang besar. Situs jejaring sosial di internet
bermacam-macam jenis dan bentuknya, namun yang paling dikenal dan banyak
digandrungi remaja jaman sekarang adalah facebook, friendster, My Space dan
twitter. Lalu, apakah situs jejaring sosial ini mendatangkan manfaat atau
mendatangkan masalah baru dalam kehidupan.
Akhir-akhir ini banyak dijumpai pemberitaan
di media cetak dan elektronik yang memberitakan tentang penyalahgunaan situs
jejaring sosial. Beberapa berita yang paling hangat adalah kasus seorang anak
remaja laki-laki yang membawa kabur seorang anak remaja perempuan yang dikenal
lewat situs jejaring sosial (facebook), dan penggunaan situs jejaring sosial
(facebook) sebagai ajang prostitusi di kalangan remaja. Keadaan ini sungguh
sangat ironis dengan tujuan utama situs jejaring sosial itu dibuat, yakni untuk
memperluas hubungan sosial. Tidak hanya kehidupan umum saja yang terkena dampak
dari situs jejaring sosial, namun pengaruhnya mulai dirasakan dalam dunia
pendidikan. Dampak terburuk dalam dunia pendidikan yang mungkin dihasilkan dari
situs jejaring sosial adalah mulai menurunnya motivasi dan prestasi belajar
siswa.
1.2
Bahasan Masalah
●Pengenalan dan sejarah facebook
●Dampak positif dan negatif facebook
●Pencegahan
terhadap dampak buruk facebook
Bab
2
Pembahasan
2.1 Pengenalan facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki
dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki
lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum
dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk
pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama,
diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri
khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti
"Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
2.2 Sejarah facebook
Mark
Zuckerbeg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003
ketika berada di Harvard
sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari
Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto
berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling
seksi".Mark Zuckerberg
membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard.
Untuk
menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi
dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama.
Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar)
mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat
jam pertama mengudara.
Situs
ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan
beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena
menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam
dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek
awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk
menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman
disertai kotak komentar. Ia membuka
situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi
catatan.
Pada
semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada
Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan
"The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com. Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga
senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler
Winklevoss, dan Divya
Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja
mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring
sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat
sebuah produk saingan. Ketiganya
mengeluh kepada Harvard Crimson,
dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan
tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan
awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard
College saja, dan pada bulan pertama,
lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo
Saverin (pebisnis), Dustin
Moskovitz (programer), Andrew
McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes
segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini.
Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia,
dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT,
dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook
diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg,
diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat
operasinya ke Palo Alto, California.
Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri
pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
Facebook
meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap
Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah
membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan
keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook
kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13
tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.
Pada
24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham
Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15
milyar. Pembelian oleh Microsoft ini
meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan
Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat
internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan
bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November
2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai
Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar
ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi
untuk penawaran umum perdana
pada 2013.
Lalu
lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook
mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.
Pada bulan Maret
2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini
setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan
pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya,
bekas kampur Sun Microsystems di
Menlo Park, California.
Statistik
DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun
tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling
banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah
situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi
Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook adalah situs
web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.
Pada
bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring
yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia untuk
pengguna web bergerak iPhone, Android. Pada bulan
April, Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 miliar.
Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial. Facebook,
Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38
per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan
umum baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh
22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar
dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat.
Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada
di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal
volume perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim
bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan
kepada seluruh pemegang saham.
2.3
Pengaruh facebook
Dampak
Negatif
●Membuat Seseorang Menjadi Penyendiri dan
Susah Bergaul
Situs
jejaring sosial di internet membuat penggunanya memiliki dunia sendiri,
sehingga tidak sedikit dari mereka tidak peduli dengan orang lain dan
lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang telah kecanduan situs jejaring sosial
sering mengalami hal ini. Yang mengakibatkan dirinya tidak peduli dengan
lingkungan sekitarnyalagi.
●KurangnyaSosialisasidenganLingkungan
Hal ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial peserta didik (siswa). Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya bersama teman teman di komunitas jejaring sosialnya, yang rata-rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan interaksi siswa menurun.
Hal ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial peserta didik (siswa). Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya bersama teman teman di komunitas jejaring sosialnya, yang rata-rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan interaksi siswa menurun.
●MenghamburkanUang
Akses internet untuk membuka situs jejaring sosial jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan siswa (terlebih kalau akses dari warnet). Tidak jarang siswa menggunakan uang SPP mereka untuk pergi ke warnet sekedar untuk membuka situs jejaring sosial saja. Ini dapat dikategorikan sebagai pemborosan, karena menggunakan uang secara tidak produktif.
●
Berkurangnya Waktu Belajar Siswa
Hal
ini sudah jelas, karena dengan mengakses internet dan membuka situs jejaring
sosial siswa akan lupa waktu, sehingga yang dikerjakannya hanyalah itu-itu
saja. Menurut salah seorang pengamat sosial media dan teknologi informasi,
selain harus waspada, orang tua juga harus mempelajari secara mendalam media
sosial ini demi masa depan anak-anak. Berdasar penelusurannya, ditemukan fakta
bahwa dari 17,6 juta pemilik akun jejaring sosial facebook berasal dari
Indonesia, dan 360.000 orang di antaranya berumur 13 tahun.
Dampak
positif
●Facebook
sebagai media komunikasi
merupakan
fungsi Facebook yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna Facebook dapat berkomunikasidengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
●Media pertukaran data
dengan menggunakan Facebook para penggunanya diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan
cepat dan murah.
●Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di Facebook sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
●Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan,dan lain-lain.5.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga
tidak perlu pergi menuju ke
tempat penawaran/penjualan
2.4
Pencegahan pengaruh buruk dari facebook
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh
orang tua sebagai langkah untuk menjaga anak-anak mereka dari dampak negatif
situs jejaring sosial, di antaranya adalah sebagai berikut:
●Memberikan Pemahaman kepada Siswa Tentang Bahaya Situs Jejaring Sosial
Langkah ini perlu dilakukan agar para siswa tahu bahaya dari penggunaan situs jejaring sosial, dan dapat menggunakannya secara lebih bijak. Selain itu langkah ini juga dapat menimbulkan rasa waspada kepada siswa sehingga dalam menggunakan situs jejaring sosial mereka lebih berhati-hati.
●Memberikan Pemahaman kepada Siswa Tentang Bahaya Situs Jejaring Sosial
Langkah ini perlu dilakukan agar para siswa tahu bahaya dari penggunaan situs jejaring sosial, dan dapat menggunakannya secara lebih bijak. Selain itu langkah ini juga dapat menimbulkan rasa waspada kepada siswa sehingga dalam menggunakan situs jejaring sosial mereka lebih berhati-hati.
●Usahakan Untuk Tidak Memberikan Telepon
Seluler yang Dapat Mengakses Internet (situs jejaringsosial)
Kecanggihan alat komunikasi sekarang ini telah memungkinkan telepon seluler untuk mengakses internet. Bahkan beberapa merk telepon seluler ternama berlomba-lomba mengeluarkan produk yang memiliki kecanggihan dan kemampuan akses internet, yang memungkinkan penggunanya mengakses situs jejaring sosial dengan sangat mudah. Hal ini dapat menyebabkan siswa kecanduan mengakses situs jejaring sosial dengan telepon seluler mereka. Maka dari itu sebagai orang tua, usahakanlah untuk tidak memberikan telepon seluler kepada anak usia dini, karena kebanyakan anak usia dini belum dapat memanfaatkan internet dengan baik, maka akan berakibat pada prestasi mereka disekolah karena terlalu sering mengakses internet atau jejaring sosial. Karena tujuan utama telepon seluler adalah untuk alat komunikasi saja.
Kecanggihan alat komunikasi sekarang ini telah memungkinkan telepon seluler untuk mengakses internet. Bahkan beberapa merk telepon seluler ternama berlomba-lomba mengeluarkan produk yang memiliki kecanggihan dan kemampuan akses internet, yang memungkinkan penggunanya mengakses situs jejaring sosial dengan sangat mudah. Hal ini dapat menyebabkan siswa kecanduan mengakses situs jejaring sosial dengan telepon seluler mereka. Maka dari itu sebagai orang tua, usahakanlah untuk tidak memberikan telepon seluler kepada anak usia dini, karena kebanyakan anak usia dini belum dapat memanfaatkan internet dengan baik, maka akan berakibat pada prestasi mereka disekolah karena terlalu sering mengakses internet atau jejaring sosial. Karena tujuan utama telepon seluler adalah untuk alat komunikasi saja.
●Mengawasi Siswa dalam Berinternet atau Berjejaring Sosial
Pengawasan terhadap pergaulan siswa dalam jejaring sosial dunia maya sangat diperlukan, karena jika siswa tidak diawasi mereka akan dengan mudah mengakses situs jejaring sosial tersebut dan menggunakannya kearah yang tidak baik. Pergaulan mereka akan mudah melawan perkataan orang tua, dan usaha kita untuk menyelamatkan anak untuk tidak menggunakan akses internet secara berlebihan akan sia-sia dan tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Pergaulan anak yang bebas dan pengaruh dari teman-teman juga dapat memudahkan anak untuk mengakses situs jejaring sosial dengan mudah. Maka dari itu mereka perlu diawasi untuk tidak mengakses internet dengan bebas
Bab 3
Penutup
3.1 Kesimpulan
Hindarilah namanya kecanduan facebook, maniak
facebaook, gila facebook secara berlebihan bisa merusak mental si anak apalagi
yang masih menginjak masa sekolah di karenakan situs ini di lakukan secara
berlebihan untuk si pemakai akan berdampak buruk dan lupa diri, lupa pada ia
kerjakan dan memberi dampak yang sangat besar maka dari itu usahakan
mempergunakan facebook secara positif dan bermanfaat.
3.2 Saran
Saya sebagai penyusun
menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini termasuk jauh dari sempurna. Oleh
karena itu, saya sangat mengharapkan saran dan kritik dan saran yang membangun
dari para pembaca.
Semoga makalah ini
dapat memberi manfaat kepada saya dan pembaca pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://mietanievz.blogspot.com/2011/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html?zx=b75173dfe7945323
Tidak ada komentar:
Posting Komentar